Tanda-tanda Gejala Kanker usus

Ditulis oleh: -
Tanda-tanda Gejala Kanker usus dapat menunjukkan dirinya dengan beberapa cara, salah satunya yaitu dengan menunjukkan tanda gejala kanker usus yang khas. Ada beberapa tanda gejala kanker usus yang dapat memberikan gambaran subjektif dari penderita. Jka didapatkan gejala tersebut, biasanya dokter akan melanjutkan dengan pemeriksaan fisik dengan menggali ciri-ciri kanker usus yang terjadi.


Pendarahan dari dubur atau darah dicampur dengan kotoran (feces) adalah gejala yang ditimbulkan oleh kanker usus. Orang umumnya mengira semua perdarahan pada anus adalah wasir, padahal tidak semua karena perdarahan anus bisa juga disebabkan oleh kanker usus, sehingga perlu dilakukan diagnosis dini jika terjadi perdarahan pada anus.

Pendarahan pada rektum jika biasanya menyertai tanda gejala kanker usus, namun ciri-ciri kanker usus biasanya tersembunyi dan kronis, dan akibatnya mungkin muncul anemia kekurangan zat besi. Kekurangan darah (anemia) ini terkait dengan kelelahan dan pucat pada penderita. Untuk mendiagnosis keadaan ini biasanya (walkaupun tidak selalu) tim medis mendeteksi melalui okultisme tinja dan dilakukan tes darah, di mana sampel tinja diserahkan ke laboratorium untuk mendeteksi adanya darah.


Jika kanker cukup besar, mungkin akan sebagian atau seluruh usus akan di blok. Gejala berikut merupakan obstruksi usus :
  • Distensi abdomen: perut menjadi lebih besar dibandingkan sebelumnya tanpa penambahan berat badan.
  • Nyeri perut: jarang terjadi pada kanker usus besar. Salah satu penyebabnya adalahrobekan (perforasi) dari usus. Bocornya isi usus ke dalam panggul bisa menyebabkan peradangan (peritonitis) dan infeksi.
  • Mual atau muntah terus-menerus
  • Perubahan frekuensi atau karakter dari kotoran (buang air besar)
  • Kaliber kecil (sempit)
  • Sensasi evakuasi lengkap setelah buang air besar
  • Nyeri rektal: Nyeri jarang terjadi dengan kanker usus besar dan biasanya menunjukkan tumor besar dalam rektum yang dapat menyerang jaringan di sekitarnya. Studi menunjukkan bahwa rata-rata durasi gejala (dari awal diagnosis) adalah 14 minggu. Tidak ada hubungan antara durasi keseluruhan gejala dan tahap pada tanda gejala kanker usus. Mengenal ciri-ciri kanker usus dapat membantu untuk pencegahan, sebab seberapa besar langkah promosi kesehatan (utamanya dalam bentuk edukasi) sangat membantu kemajuan kesehatan sebuah Negara.